Yogyakarta, 16 Desember 2023 – Enhancing Student caracter (ESC) merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Biro Layanan Psikologi (BLP) Program Studi Psikologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta sebagai wujud kepedulian pada pengembangan softskill bagi mahasiswa. Sempat tertunda beberapa tahun karena Covid-19, pada pada akhir tahun 2023 kegiatan ini dapat terlaksana kembali.

Seperti yang kita ketahui bahwa kesuksesan tidak hanya bersumber dari kemampuan Intelektual (hard skill) saja. Sebab tingkat intelektual hanya mendukung kurang lebih 20% persen dari peccapaian prestasi dan keberhasilan seseorang. Sementara 80 persennya, berasal dari karakter yang dibangun (soft skill). Keseimbangan antara hardskill dan softskill akan menghasilkan profil lulusan yang unggul, berkemajuan dan memiliki nilai-nilai islam. Seimbang dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mempunyai kepribadian yang baik dan berahlak mulia. Oleh karena itu, Enhancing Student Character ini menjadi salah satu wadah untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi individu dengan versi terbaiknya. Pada kesempatan kali ini Biro Layanan Psikologi (BLP) Program Studi Psikologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta menggandeng empat trainer berpengalaman dan professional dalam softskill development. Diantaranya Bapak Ayodya Narutama, S.Psi, Ibu Ayu Rahardian, M.Psi., Bapak Muhammad Hidayat, M.Psi., Psikolog, dan Bapak Luqman Tifa Perwira, M.Psi, Psikolog.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari yaitu pada 16 Desember 2023 dan 23 Desember 2023 yang dilaksanakan di Gedung Siti Moendjijah lantai 7 dan 8 Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dengan peserta mahasiswa baru Program Studi Psikologi 2023 yang berjumlah 237 mahasiswa.

Pada hari pertama ini, peserta Enhancing Student Character (ESC) ini mendapatkan pelatihan tentang self awareness, regulasi emosi, manajemen waktu dan goals setting. Diawali dengan materi mengenali diri, diharapkan peserta sudah bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan diri, melakukan refleksi diri sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Selanjutnya, peserta akan dilatih untuk meregulasi emosi dan memahami tentang bagaimana bekerja dengan efektif dan efisien dengan manajemen waktu dan goals setting.

Pertemuan berikutnya, peserta akan lebih banyak melakukan praktik dengan belajar menerapkan komunikasi efektif serta penerapan Islamic leadership. Sesuai dengan tujuan dari ESC, diharapkan kedepannya mahasiswa tidak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan , tetapi juga memegang teguh nilai-nilai islam, berkemajuan serta berakhlak mulia Selama mengikuti pelatihan, peserta akan diberikan lembar kerja terkait self awareness, regulasi emosi, goal setting, manajemen waktu, komunikasi efektif, dan islamic leadership sesuai dengan materi yang di sampaikan oleh trainer. Selain penyampaian materi dan pengerjaan lembar kerja, ESC juga akan diselingi dengan ice breaking dan games yang berkaitan dengan materi guna menghilangkan letih serta meningkatkan konsentrasi peserta.