Sabtu (29/06/2024) Discuss About Psychology and Learning Time (DONUT) merupakan forum diskusi dan belajar antar mahasiswa Prodi Psikologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) divisi PKPM dengan tujuan menambah pengetahuan mengenai mata kuliah psikologi yang ingin dikaji lebih lanjut. Selain belajar bersama, forum ini juga merupakan forum diskusi mengenai isu-isu terkini yang ingin dibahas bersama.

Forum diskusi dan belajar ini dapat diikuti oleh mahasiswa psikologi mulai dari Angkatan 2021, 2022 hingga Angkatan 2023. Hal ini akan membentuk interaksi mahasiswa antar angkatan dengan saling bertukar informasi, saling berdiskusi, dan saling bertukar pemikiran.

Di kegiatan DONUT yang kedua sedikit berbeda dengan pelaksaan DONUT pertama. Di pelaksanaan yang kedua mulai terlihat antusias pada mahasiswa psikologi dengan bertambanya jumlah peserta serta pembahasan yang didiskusikan lebih kompleks. Mahasiswa Angkatan 2023 aktif bertanya kepada kakak tingkatnya terkait apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi semester selanjutnya. Seperti rekomendari jurnal untuk psikologi, kemudian referensi buku-buku psikologi apa saja yang harus dimiliki dan akan berguna untuk kedepannya. 

Selain itu, ada pembahasan terkait bagaimana cara mengikuti student exchange, apa saja langkah-langkah yang harus dipenuhi agar bisa mengikuti student exchange, apakah kitaa bisa menentukan kampusnya atau disediakan oleh prodi, serta semester berapa baru bisa mendaftar student exchange. Pertanyaan-pertanyaan seputar student exchange ini dijawab oleh mahasiswa angkatan 2021 yang saat ini sudah semester 6 dan lebih mengetahui informasi-informasi terkait student exchange. Tidak hanya terkait student exchange, mahasiswa Angkatan 2023 dan 2022 juga antusias bertanya terkait magang. Pertanyaan-pertanyaan seputar bagaimana proses seleksi magang, apakah kita nanti akan di arahkan ke tempat magang yang sesuai atau kita memilihnya sendiri, kemudian bagaimana memenuhi sks kuliah sedangkan kita sedang magang. Pertanyaan-pertanyaan menarik ini dijawab oleh kakak tingkat Angkatan 2021 yang sudah berpengalaman dalam mengikuti magang. Selain menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan, mahasiswa tingkat juga bercerita terkait pengalamannya di magang serta memberikan beberapa tips-tips.

Forum diskusi terus berlanjut hingga pembahasan mengenai skripsi, mahasiswa angkatan 2023 antusias bertanya kepada kakak tingkatnya terkait tips-tips penyusunan skripsi. Tidak hanya itu, pembahasan di lanjut dengan pembahasan terkait isu-isu yang ada dalam prodi psikologi Universitas “Aisyiyah Yogyakarta. Tentu berbagai isu akan muncul di kalangan mahasiswa. Hal ini juga menjadi topik pembahasan oleh mahasiswa angkatan 2021 kepada angkatan 2022 dan 2023. Salah satu isu yang menjadi perbincangan yaitu terkait senioritas. Beredar isu mengenai senioritas oleh angkatan 2021. Salah satu diadakannya forum diskusi ini untuk memberikan solusi terkait isu yang beredar seperti isu seniortas ini. Tentunya setelah pembahasan ini berlangsung didapatkannya sebuah pembenaran dari pendapat angkatan 2022 dan 2023 serta solusi.  Pembahasan-pembahasan terus berlanjut hingga forum diskusi ditutup.

Harapannya untuk DONUT selanjutnya yaitu yang akan dilaksanakan sebelum UAS (Ujian Akhir Semester) akan menambah antusias mahasiswa psikologi dalam bertanya, berdiskusi serta mengurakanan pendapatnya. Kemudian semoga melalui kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa yang masih memiliki pertanyaan-pertanyaan terkait psikologi dan pertanyaan tersebut dapat terjawab dalam forum diskusi dan belajar ini.