MBKM DI TK’AISYIYAH NYAI AHMAD DAHLAN: Edukasi Perlindungan Diri untuk Anak Usia Dini Bersama Psikologi UNISA Yogyakarta
Yogyakarta – Program Studi Psikologi Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta kembali menunjukkan komitmennya dalam pengabdian masyarakat melalui penyelenggaraan program psikoedukasi “Tubuhku adalah Milikku” di KB & TK ‘Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan pada Jumat, 15 November 2024.
Program MBKM yang Memberi Dampak Nyata
Kegiatan ini merupakan puncak dari program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM) yang dijalani mahasiswa Psikologi UNISA selama 4 bulan. Dalam periode tersebut, mahasiswa tidak hanya belajar teori di kelas, tetapi juga mendapatkan:
– Pengalaman langsung merancang program intervensi psikologis
– Pelatihan assessment kebutuhan psikologis anak
– Kemampuan menyusun materi edukasi sesuai perkembangan anak
– Keterampilan evaluasi program berbasis bukti
Mengajarkan Konsep Perlindungan Diri dengan Metode Menyenangkan
Melalui berbagai aktivitas interaktif, 200 peserta didik dari kelompok bermain hingga kelas B diajak untuk:
- Mengenal bagian-bagian tubuh melalui lagu dan gerakan
- Memahami konsep sentuhan baik dan buruk menggunakan boneka
- Belajar mengatakan “tidak” untuk sentuhan tidak nyaman
- Mengenali orang-orang yang bisa dipercaya
Rina, salah satu mahasiswa peserta MBKM menjelaskan:
“Kami menggunakan pendekatan developmentally appropriate practice yang disesuaikan dengan usia masing-masing anak,”
Dampak Positif bagi Seluruh Pihak
Kepala Sekolah KB & TK ‘Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan menyampaikan apresiasinya:
“Program ini sangat bermanfaat untuk membekali anak-anak dengan pengetahuan dasar tentang perlindungan diri. Kami berharap bisa berkolaborasi lagi di masa depan.”
Bagi mahasiswa, program ini memberikan manfaat:
✓ Pengalaman nyata di dunia kerja
✓ Pengembangan portofolio profesional
✓ Jejaring dengan institusi pendidikan
✓ Peningkatan soft skills
Penutup: Membangun Generasi Cerdas dan Terlindungi
Kegiatan psikoedukasi ini tidak hanya menjadi bukti nyata komitmen Prodi Psikologi UNISA dalam mencetak lulusan yang kompeten, tetapi juga memperkuat peran perguruan tinggi dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Melalui pendekatan kreatif dan metode yang menyenangkan, mahasiswa berhasil menanamkan pemahaman penting tentang perlindungan diri sejak dini.
Bagi calon mahasiswa yang ingin berkontribusi melalui ilmu psikologi, UNISA Yogyakarta siap membekali dengan kurikulum berbasis praktik dan pengalaman lapangan yang relevan. Kolaborasi seperti ini akan terus dikembangkan untuk menciptakan dampak berkelanjutan bagi masyarakat.
“Mendidik bukan hanya tentang transfer ilmu, tapi tentang menciptakan perubahan nyata.”
– Tim Psikologi UNISA Yogyakarta –
#PsikologiUNISA #MBKMBerkualitas #PendidikanAnak #KampusMerdeka #PengabdianMasyarakat