Program MBKM dan salah satu mitra dari Unisa Yogyakarta menghadirkan program magang dengan tujuan serta rangkaian kegiatan yang memiliki pengaruh akan kesembuhan pasien dengan berbagai macam gangguan mental.

Unisa Yogyakarta mengambil salah satu mahasiswanya untuk magang di RSJ Grahasia dan kali ini mahasiswa tersebut bukan dari fakultas Kesehatan ataupun seperti keperawatan, radiologi, dan lainnya. Melainkan mahasiswa yang diterjunkan berasal dari Psikologi Unisa Yogyakarta.

Psikologi Unisa Yogyakarta telah mempercayai sejumlah mahasiswa yang diterjunkan langsung ke dalam RSJ Grahasia dengan perseleksian dan berkas yang ketat.

Mahasiswa yang diterjunkan oleh prodi memiliki kemampuan dan skill lebih baik dari kemampuan memahami tes proyektif maupun tes non proyektif dan skill pada tes lainnya Mahasiswa berprestasi dari prodi Psikologi Unisa tersebut yaitu Septiana, Muhgidzah Nur Zam Zami Tagintina, Risma Della Putri, dan Yuana Ika Trinanti.

Pada kegiatan magang di RSJ Grahasia tersebut, mahasiswa di bimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Andhita Dyorita KH S.Psi., M.Psi, Psikolog.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan gambaran mengenai kehidupan remaja kepada siswa kelas 6 SD Eksperimental Mangunan.

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan edukasi dan contoh mengenai perilaku asertif, pengelolaan emosi, pengelolaan waktu, dan strategi coping ketika stres. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 4 Juni 2024. Pukul 12.00 – 14.35, yang bertempat di Ledok sambi.

Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak yang akan memasuki masa remaja awal mengenai perubahan fisik, emosional, dan sosial yang akan mereka alami.

Dengan demikian, mereka dapat mempersiapkan diri secara lebih baik dan merasa lebih percaya diri dalam menghadapi tahap perkembangan ini. Kegiatan ini memiliki tema “Menyambut Masa Remaja dengan Pengetahuan dan Kesiapan”. Kegiatan ini sendiri terbagi menjadi beberapa jenis kegiatan, yaitu :

  1. Sesi Psikoedukasi materi yang disampaikan yaitu : coping stress, peer pressure, manajemen waktu, dan adaptasi pembelajaran.
  2. Diskusi Kelompok, dalam diskusi dibentuk dalam 4 kelompok dimana masing-masing kelompok menyampaikan motivasinya dan mengekspresikan perasaan hari ini.
  3. Kegiatan Interaktif dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan kesiapan kepada siswa kelas 6 SD Eksperimental Mangunan mengenai masa remaja.

Seluruh siswa berpartisipasi aktif dalam diskusi dan kegiatan interaktif, sehingga tujuan kegiatan dapat tercapai dengan baik.